Putri, Kadek Ririn Damayanti (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS TERHADAP HOTS SISWA KELAS III SD GUGUS III KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031189-COVER.pdf Download (219kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031189-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031189-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031189-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031189-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031189-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031189-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031189-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031189-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kegiatan literasi baca tulis di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran literasi baca tulis berbasis terhadap HOTS siswa kelas III. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu dengan rancangan non aquivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus III Kecamatan Buleleng yang berjumlah 250 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, didapatkan SD Negeri 1 Paket Agung sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 60 siswa dan SD Negeri 1 Astina sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 61 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Rata-rata skor HOTS siswa di kelas eksperimen adalah 12,02 berada pada kategori sangat tinggi dan di kelas kontrol 10,13 berada pada kategori tinggi dan hasil uji-t data diketahui t = 4,954, df = 119 dan nilai signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran literasi baca tulis terhadap HOTS siswa kelas III Gugus III Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Literasi Baca Tulis, HOTS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Ririn Damayanti Putri |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 01:43 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 01:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14399 |
Actions (login required)
View Item |