Damayanti, Risma (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORYTELLING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD KELAS V DI GUGUS X KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511031036-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511031036-ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (71kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511031036-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Paired Story Telling terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD di Gugus X Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas V SD di Gugus X Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng berjumlah 132 siswa yang tersebar ke dalam lima Sekolah.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Berdasarkan teknik undian, diperoleh hasil siswa kelas V SDN 3 Kaliuntu sebagai kelas eksperimen dan SDN 1 Kaliuntu sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan media tes dengan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda berjumlah 40 soal. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus X Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Selain itu, kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling berbantuan memiliki rata-rata skor hasil belajar Bahasa Indonesia lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus X Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | paired story telling, bahasa indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Risma Damayanti |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 07:58 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 07:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14493 |
Actions (login required)
View Item |