Widiani, Komang Dewi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMATION POP-UP BOOK BERBASIS PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MULTILITERASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PENARUKAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031146-COVER.pdf Download (289kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031146-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031146-BAB 1 PENDHAULUAN.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031146-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031146-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031146-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031146-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031146-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031146-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: (1) mendeskripsikan rancang bangun media Animation Pop-Up Book; (2) menganalisis validitas media Animation Pop-Up Book; (3) menganalisis tingkat kepraktisan media Animation Pop-Up Book; dan (4) menganalisis efektivitas media Animation Pop-Up Book berbasis Phenomenon Based Learning (PhBL) untuk meningkatkan multiliterasi siswa kelas IV SD Negeri 3 Penarukan. Studi pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis; (2) perancangan; (3) pengembangan; (4) implementasi; dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek yaitu 3 orang ahli, 1 orang praktisi, dan 1 rombel siswa kelas IV SD Negeri 3 Penarukan, sedangkan objek penelitian ini yaitu media Animation Pop-Up Book berbasis Phenomenon Based Learning. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner/angket dan soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media Animation Pop-Up Book memperoleh validitas sebesar 94,79% berdasarkan rata-rata hitung penilaian ahli dengan kualifikasi sangat baik (layak digunakan tanpa revisi); (2) tingkat kepraktisan media Animation Pop-Up Book berdasarkan penilaian praktisi/guru sebesar 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, berdasarkan uji perorangan sebesar 88,89% dengan kualifikasi baik, berdasarkan uji kelompok kecil sebesar 89,24% dengan kualifikasi baik; dan (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), artinya media Animation Pop-Up Book efektif meningkatkan multiliterasi siswa kelas IV SD Negeri 3 Penarukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Animation Pop-Up Book, PhBL, Multiliterasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Dewi Widiani |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 00:54 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 00:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14499 |
Actions (login required)
View Item |