Ombong, Ivantus (2023) MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 CIBAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID - 19. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1816011017-COVER.pdf Download (838kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1816011017-ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1816011017-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1816011017-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1816011017-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1816011017-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1816011017-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1816011017-LAMPIRAN.pdf Download (865kB) |
Abstract
Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Cibal pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid – 19. Jenis rancangan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, berupa penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini, yakni peserta didik kelas X di SMA Negeri 1Cibal, yang berjumlah 263 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 66 orang yang diperoleh melalui teknik random sampling dengan besaran 25% dari total populasi. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik kelas X dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pademi covid-19 di SMA Negeri 1Cibal, yakni dari 66 peserta didik yang dijadikan sebagai sampel, muncul empat jenis tanggapan terhadap 25pernyataan dari masing-masing indikator yang dikembangkan dari dua faktor yakni faktor intrinsik dan faktor ekstrisnsik. Pada faktor instrinsik, dengan total jumlah pernyataan 13 akumulasi data yang diperoleh dalam bentuk skor rata-rata yakni 57,0 kategori tinggi. Sedangkan, pada faktor ektrinsik, dengan total jumlah pernyataan 12 akumulasi data yang diperoleh dalam bentuk skor rata-rata yakni 60 kategori baik. Jadi, jika kedua data tersebut dikonvensikan pada tabel interval kategori, diperoleh hasil 75,12 kategori sangat baik, sehingga pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 mampu menumbuhkan motivasi peserta didik baik dari faktor dalam (intrinsik) yakni kesehatan, perhatian, minat, bakat maupun dari faktor luar (ektrinsik), yakni metode mengajar, alat pelajaran, dan kondisi lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Pembelajaran PJOK, Masa Pandemi Covid-19 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Ivantus Ombong |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 15:33 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 15:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14610 |
Actions (login required)
View Item |