Simanjuntak, Lastiar (2023) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911011019-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911011019-ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (117kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911011019-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku panduan konseling behavioral dengan teknik modeling untuk meningkatkan self regulated learning siswa SMA. Buku panduan ini merupakan pedoman bagi guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan konseling di sekolah. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengikuti model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, (1974). Penilaian keberterimaan buku panduan ini dinilai oleh 5 judges dalam bidang bimbingan konseling. Instrumen penilaian yang digunakan terdiri dari 22 butir pernyataan yang mengacu pada keberterimaan buku panduan. Analisis keberterimaan menggunakan formulasi perhitungan Content Validity Ratio (CVR) dari Lawshe, (1975). Hasil menunjukkan validitas isi (CVI) sebesar 1 yang berarti sangat baik atau istimewa. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan konseling behavioral teknik modeling yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keberterimaan. Uji efektivitas melibatkan 3 orang siswa dan dalam penelitian ini menggunakan metode single subject design dengan desain A-B-A dan teknik analisis datanya menggunakan analisis grafik. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase(%). Dalam uji efektivitas didapatkan hasil baseline-1(A) self regulated learning siswa pertama berada pada (54,16%), siswa kedua berada pada (54,16%), siswa ketiga berada pada (62,05%). Pada kondisi intervensi (B) self regulated learning siswa pertama berada pada (61,66% - 90,41%), siswa kedua berada pada (63,33% - 90,83%), siswa ketiga berada pada (66,66% - 98,33%). Pada kondisi baseline-2 (A), self regulated learning siswa pertama berada pada (95%), siswa kedua berada pada (95,83%), siswa ketiga berada pada (99,58%). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku panduan konseling behavioral dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan self regulated learning siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Panduan, Konseling Behavioral, Teknik Modeling, Self Regulated Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Lastiar Simanjuntak |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 01:21 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14621 |
Actions (login required)
View Item |