Apik Resdianti, Luh (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1515011008-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1515011008-ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB I)
1515011008-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB II)
1515011008-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
1515011008-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
1515011008-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
1515011008-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1515011008-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran pembuatan pola dengan pendekatan saintifik untuk siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 2 Singaraja; (2) mendeskripsikan hasil pengembangan modul pembelajaran pembuatan pola dengan pendekatan saintifik untuk siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 langkah yaitu; analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar validasi ahli isi materi dan lembar validasi ahli desain.. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa, (1) proses pembuatan modul melewati tahap anallisis, penyusunan draft, validasi dan revisi. (2) Modul yang dihasilkan adalah modul dengan pendekatan saintifik yang mengarahkan peserta didik secara aktif mencari ilmu pengetahuan melalui 5 langkah pembelajaran yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis data dan mengkomunikasikan. Modul memuat 4 komponen utama yaitu pendahuluan, pembelajaran, evaluasi dan penutup serta komponen pendukung modul yaitu kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, peta kedudukan modul, glosarium,ruang spasi kosong dan daftar pustaka dan telah dinyatakan valid dengan validitas 1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembuatan Pola, Modul, Pendekatan Saintifik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
Depositing User: | Luh Apik Resdianti |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 07:55 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 07:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1498 |
Actions (login required)
View Item |