PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA N 3 SINGARAJA

Andari, Ni Luh Eni (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA N 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513021045-COVER.pdf

Download (590kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513021045-ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513021045-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan cara mengadakan penelitian eksperimen dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA N 3 Singaraja”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian one way pretest posttest non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 90 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling, dimana kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data keterampilan berpikir kritis siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes esai sebanyak 15 butir pada materi fluida statis dan fluida dinamis dengan nilai reliabilitas tes 0,72. Analisis data menggunakan uji anakova pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata pretest keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yaitu 50,54 (kategori kurang) dengan nilai SD 5,63 dan nilai rata-rata posttest adalah 72,62 (kategori baik) dengan SD 7,08 sedangkan nilai rata-rata pretest keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol yaitu 39,44 (kategori kurang) dengan nilai SD 4,84 dan nilai rata-rata posttest adalah 55,06 (kategori cukup) dengan SD 7,24. Hasil uji anakova diperoleh signifikansi p lebih kecil dari 0,05 (p <⍺) sehingga terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation dan keterampilan berpikir kritis fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, konvensional, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ni Luh Eni Andari
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:46
Last Modified: 27 Feb 2020 04:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item View Item