Andari, Ni Luh Eni (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA N 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513021045-COVER.pdf Download (590kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513021045-ABSTRAK.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513021045-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan cara mengadakan penelitian eksperimen dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA N 3 Singaraja”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian one way pretest posttest non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 90 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling, dimana kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data keterampilan berpikir kritis siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes esai sebanyak 15 butir pada materi fluida statis dan fluida dinamis dengan nilai reliabilitas tes 0,72. Analisis data menggunakan uji anakova pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata pretest keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yaitu 50,54 (kategori kurang) dengan nilai SD 5,63 dan nilai rata-rata posttest adalah 72,62 (kategori baik) dengan SD 7,08 sedangkan nilai rata-rata pretest keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol yaitu 39,44 (kategori kurang) dengan nilai SD 4,84 dan nilai rata-rata posttest adalah 55,06 (kategori cukup) dengan SD 7,24. Hasil uji anakova diperoleh signifikansi p lebih kecil dari 0,05 (p <⍺) sehingga terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation dan keterampilan berpikir kritis fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation, konvensional, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Eni Andari |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 04:46 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 04:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1505 |
Actions (login required)
View Item |