PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA KELAS V SD NEGERI 1 BANJAR ANYAR

Ardiari, Ni Putu Asnita Eka (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA KELAS V SD NEGERI 1 BANJAR ANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031236-COVER.pdf

Download (799kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031236-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031236-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031236-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031236-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031236-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031236-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031236-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031236-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan yang dilakukan memiliki tujuan melakukan pengembangan produk LKPD berbasis HOTS guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA kelas V yang valid, efektif serta praktis. Kajian ini mempergunakan pemodelan ADDIE dengan lima tahap yakni analize, design, development, implementation, serta evaluation. Subjek kajian ini yaitu produk berupa LKPD berbasis HOTS dengan objek berupa validitas, kepraktisan, dan efektivitas produk LKPD berbasis HOTS. Subjek uji coba efektivitasnya 25 peserta didik kelas V serta kemampuan pemecahan masalah yang dijadikan objek uji coba. Guna mengestimasi validitas dipergunakan instrumen rating scale dalam bentuk lembar penilaian validitas yang dilaksanakan oleh ahli media dan ahli media pembelajaran. Lembar penilaian kepraktisan dilaksanakan oleh dua guru, tiga orang uji perorangan serta sembilan siswa uji kelompok kecil. Data validitas serta kepraktisan produk kemudian dianalisa mempergunakan persentase, efektivitas menggunakan analisis uji-t berkorelasi. Hasil penelitian menyatakan LKPD berbasis HOTS yang sudah dilakukan pengembangan mendapat skor validitas ahli materi senilai 92,38% serta skor validitas ahli media pembelajaran senilai 94,50%. Skor kepraktisan respons guru senilai 97,49%, skor respons siswa uji perorangan senilai 96,36%, skor respons siswa uji kelompok kecil senilai 95,75% sehingga dinyatakan valid dan praktis berkualifikasi sangat baik. Uji efektivitas mempergunakan metode uji-t memperoleh nilai Sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga LKPD berbasis HOTS efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA di SD Negeri 1 Banjar Anyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Higher Order Thinking Skill, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Asnita Eka Ardiari
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:55
Last Modified: 12 Jun 2023 02:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15188

Actions (login required)

View Item View Item