PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VII KECAMATAN MENGWI TAHUN AJARAN 2022/2023

Rini, Ni Kadek Ayu Dwi Widia (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VII KECAMATAN MENGWI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031120-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031120-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031120-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (456kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031120-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031120-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031120-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031120-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031120-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031120-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh efikasi diri terhadap pengetahuan Matematika siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2022/2023, (2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap pengetahuan Matematika siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2022/2023, dan (3) pengaruh secara bersama-sama efikasi diri dan kebiasaan belajar terhadap pengetahuan Matematika siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ex post facto dengan studi pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Mengwi yang terdiri dari 8 kelas dan semua siswa sebanyak 197 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling. Banyak sampel dalam penelitian ini ditetapkan dengan jumlah 132 orang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode non tes yaitu angket dan pencatatan dokumen. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear ganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa, (1) terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap pengetahuan Matematika yang dibuktikan dengan nilai Fhitung = 5,20 > Ftabel= 3,91, (2) terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap pengetahuan Matematika yang dibuktikan dengan nilai Fhitung = 5,21 > Ftabel = 3,91, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama efikasi diri dan kebiasaan belajar terhadap pengetahuan Matematika yang dibuktikan dengan nilai Fhitung = 143,99 > Ftabel = 3,07 dan kontribusinya sebesar 69,1%. Hasil pada penelitian ini dapat dijadikan sebagai refrensi bagi peneliti lain untuk mendalami objek penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan Matematika, efikasi diri, kebiasaan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Ayu Dwi Widia Rini
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:05
Last Modified: 12 Jun 2023 03:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15192

Actions (login required)

View Item View Item