Sintayani, Ni Kadek (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTARA ACAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031277-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031277-ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031277-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (543kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031277-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031277-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031277-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031277-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031277-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (542kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031277-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran “Papan Pintar Acak Kata” untuk meningkatkan keterampilan membaca muatan Bahasa Indonesia siswa kelas II SD yang teruji efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memiliki tahap penelitian berupa tahap analisis (analyze), tahap perencanaan (design), tahap pengembanagan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Metode dan instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, rating scale dan kuesioner. Subjek pengembangan pada penelitian ini adalah produk yang berupa media papan pintar acak kata, sedangkan untuk untuk objek pengembangannya adalah validitas isi, respons pengguna, dan efektivitas produk. Subjek uji coba dalam penelitian ini, yaitu 55 orang siswa kelas II SD, dengan keterampilan membaca yang dijadikan sebagai objek uji coba. Uji validitas produk menggunakan rumus Gregory. Media papan pintar acak kata memperoleh tingkat validasi isi sangat valid yang dibuktikan dengan memperoleh hasil uji validasi isi sebesar 0,96. Respons guru terhadap media papan pintar acak kata menunjukkan hasil rata-rata sebesar 90%, sehingga dinyatakan sangat valid. Respons siswa terhadap media papan pintar acak kata menunjukkan hasil rata-rata 96,3%, sehinggan dinyatakan sangat valid. Hasil uji efektivitas media pembelajaran papan pintar acak kata menunjukkan hasil 0,000 < 0,05 yang artinya produk yang dikembangkan memiliki efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri 1 Kintamani.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, papan pintar acak kata, keterampilan membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Sintayani |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 03:20 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 03:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15193 |
Actions (login required)
View Item |