Riantara, Putu Garly Arya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN TEKNIK BERPIKIR ANALOGI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011037-COVER.pdf Download (310kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011037-ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011037-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan teknik berpikir analogi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini adalah kuasi-eksperimental, dengan post-test only control group design. Seluruh siswa SMA Negeri 1 Seririt pada tahun pelajaran 2022/2023 sejumlah 673 siswa merupakan populasi penelitian. Teknik pengambilan sampel menerapkan Purposive sampling, terpilihlah kelas XI MIA 1 sejumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen, XI MIA 3 sejumlah 38 siswa sebagai kelas pembanding, dan XI MIA 2 sejumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol. Uji Kesetaraan kelas diuji berdasarkan nilai penilaian akhir semester ganjil tahun 2022. Skor post test digunakan untuk menyusun data kemampuan pemecahan masalah matematika, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan ANAVA satu jalur. Rata-rata post test siswa kelompok eksperimen mendapat skor 40,5, kelompok pembanding mendapat skor 36,7, dan siswa kelompok kontrol rata-rata 22,3. Secara keseluruhan, kelompok eksperimen mengungguli kelompok kontrol dan pembanding. Pengujian hipotesis dengan ANAVA satu jalur pada taraf signifikansi 5% menghasilkan kesimpulan bahwa siswa yang mengadopsi model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan teknik berpikir analogi mengungguli siswa yang mengadopsi model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran konvensional. Hasil uji lanjut pasca ANAVA satu jalur menggunakan uji Scheffe dengan taraf signifikan 5% menunjukkan hasil bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan teknik berpikir analogi merupakan model yang terbaik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Teknik Berpikir Analogi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Garly Arya Riantara |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 02:37 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 02:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15199 |
Actions (login required)
View Item |