Astuti, Putu Yulia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKEARIFAN LOKAL BALI DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP MISKONSEPSI IPA PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031096-COVER.pdf Download (790kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031096-ABSTRAK.pdf Download (568kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031096-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (556kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031096-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1911031096-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031096-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (908kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031096-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031096-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (532kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031096-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berkearifan lokal Bali dan gaya kognitif terhadap miskonsepsi IPA pada siswa Kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu, dengan rancangan yaitu nonequivalent post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 203 siswa dari 8 SD. Sampel pada penelitian ini 22 siswa SD Negeri 2 Banyuning, 10 siswa SD Negeri 6 Banyuning, 18 siswa SD Negeri 1 Banyuning, dan 12 siswa SD Negeri 5 Banyuning yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data miskonsepsi IPA siswa diperoleh menggunakan metode tes objektif diikuti dengan metode CRI dan dianalisis dengan uji anava dua jalur dan uji tukey. Perolehan rata-rata miskonsepsi IPA di kelas eksperimen kelompok reflektif 3,76 kategori sangat rendah, rata-rata miskonsepsi IPA di kelas eksperimen kelompok impulsif 12,33 kategori rendah, rata-rata miskonsepsi IPA di kelas kontrol kelompok reflektif 7,69 kategori rendah, dan rata-rata miskonsepsi IPA di kelas kontrol kelompok impulsif 14,21 kategori sedang. Pada analisis statistik inferensial diperoleh hasil (1) terdapat perbedaan miskonsepsi IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah berkearifan lokal Bali dan siswa yang mengikuti model konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023. (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah berkearifan lokal Bali dengan gaya kognitif dalam pengaruhnya terhadap miskonsepsi IPA siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis masalah, berkearifan lokal Bali, gaya kognitif, dan miskonsepsi IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Yulia Astuti |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:19 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15309 |
Actions (login required)
View Item |