Anggraeni, Gusti Ayu Putri (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berpendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kuta Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021032-COVER.pdf Download (423kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021032-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021032-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran bahasa inggris (2) mengetahui hasil uji validitas dari multimedia interaktif berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran bahasa inggris (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan tes obyektif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun multimedia interaktif berpendekatan kontekstual yang dikembangkan dengan model ADDIE. (2) validitas multimedia interaktif menurut review para ahli yaitu, ahli isi mata pelajaran dengan persentase 90,67%, ahli desain pembelajaran dengan persentase 92,00%, ahli media pembelajaran dengan persentase 93,33%, ahli teknologi pendidikan dengan persentase 94,67%, uji coba perorangan dengan persentase 90,67%, dan uji coba kelompok kecil dengan persentase 86,52%. (3) efektivitas multimedia interaktif menunjukkan rata-rata nilai pre test adalah 61,33 dan rata-rata nilai post test adalah 85,33. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 22 diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,00, didapat hasil 0,00 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Inggris peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Interaktif, Kontekstual, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Putri Anggraeni |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 07:15 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 07:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15317 |
Actions (login required)
View Item |