Sari, Ni Putu Diah Pradnya (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERMUATAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD GUGUS III SUKAWATI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031155-COVER.pdf Download (417kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031155-ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031155-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031155-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031155-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031155-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031155-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031155-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (551kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031155-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran index card match bermuatan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas III SD Gugus III Sukawati Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 151 seluruh siswa kelas III SD Negeri Gugus III Sukawati Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling dan didapatkan sampel yaitu siswa kelas III SD Negeri 1 Batuan Kaler sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan siswa kelas III SD Negeri 3 Batuan sebagai kelompok kontrol sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode tes, dengan jenis tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil analisis skor post-test pada kelompok eksperimen adalah 85,23 dan berada pada kategori tinggi sedangkan hasil analisis skor post-test pada kelompok control adalah 75,10 dimana berada pada kategori sedang. Hasil dari analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,785 kemudian ttabel dengan dk = 56 pada taraf signifikasi 5% sebesar 2,003. Sehingga menunjukkan hasil yakni thitung = 5,785 ≥ ttabel = 2,003. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran index card match bermuatan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas III SD Negeri Gugus III Sukawati Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Index Card Match, Mind Mapping, Kompetensi Pengetahuan Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Diah Pradnya Sari |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:26 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15319 |
Actions (login required)
View Item |