Putra, I Nengah Arya Dana (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PANPUZFAPE PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031201-COVER.pdf Download (303kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031201-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031201-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031201-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031201-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031201-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031201-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031201-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031201-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media panpuzfape pada tema peristiwa dalam kehidupan, (2) menganalisis validitas isi media panpuzfape pada peristiwa dalam kehidupan, (3) menganalisis kepraktisan siswa pada media panpuzfape pada tema peristiwa dalam kehidupan, (4) menganalisis efektivitas pengembangan media panpuzfape pada tema peristiwa dalam kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V di Sekolah Dasar. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek media panpuzfape, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, respon pengguna, dan efektifitas media. Metode pengumpulan data yaitu angket/kuesioner, tes dan studi dokumen. Instrumen yang dipergunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar rating scale, lembar angkat/kuesioner, tes dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Media panpuzfape yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,85 dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi. (2) Uji kelayakan mendapat skor sebesar 0,85 dari ahli materi dan 0,85 dari ahli media. (3) Uji kepraktisan memperoleh skor sebesar 4,5 dari respon guru/praktisi dan respon siswa. (4) Uji efektifitas mendapatkan hasil bahwa besar signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar tematik siswa sebelum dan sesudah menggunakan media panpuzfape. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media panpuzfape efektif meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran tematik kelas V di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media panpuzfape, hasil belajar, tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Nengah Arya Dana Putra |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:44 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15330 |
Actions (login required)
View Item |