Pramesti, Ni Ketut Ayu (2023) ANALISIS KESULITAN GURU DI GUGUS VI KECAMATAN ABANG DALAM MENYUSUN SOAL BERBASIS HOTS DITINJAU DARI STATUS PROFESIONAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031091-COVER.pdf Download (718kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031091-ABSTRAK.pdf Download (563kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (543kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1911031091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031091-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031091-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (565kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031091-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan guru dalam menyusun soal berbasis HOTS ditinjau dari status profesional dan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan dalam menyusun soal berbasis HOTS ditinjau dari status profesional. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan populasi yaitu guru di Gugus VI Kecamatan Abang sebanyak 58 orang. Teknik yang diterapkan dalam penentuan sampel yaitu teknik multistage sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu 34 orang, tediri dari dua kelompok guru, yaitu yang belum dan sudah menyandang status profesional. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menyebarkan angket kepada subjek penelitian melalui Google Form. Metode analisis data menggunakan metode statistik deskriptif yang kemudian dikonversikan ke PAP. Hasil penelitian ini yaitu; Kesulitan guru yang belum menyandang status profesional dalam menyusun soal berbasis HOTS yaitu; 1) memahami level kognitif C4, C5, dan C6; 2) menentukan level kognitif; 3) memilih kata kerja operasional; 4) menyusun stimulus bersifat kontekstual; 5) menyusun stimulus yang mudah dipahami siswa; 6) menyusun soal HOTS; dan 7) menyusun soal HOTS yang mudah dipahami siswa. Sedangkan kesulitan guru yang sudah menyandang status profesional yaitu; 1) memilih kata kerja operasional (KKO); 2) menyusun stimulus soal yang bersifat kontekstual; 3) dan menyusun stimulus yang mudah dipahami siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan guru yang belum menyandang status profesional dalam menyusun soal berbasis HOTS yaitu; 1) pengetahuan guru; 2) kurangnya rasa percaya diri; 3) daya tangkap siswa yang berbeda-beda; dan 4) kurangnya pelatihan penyusunan soal berbasis HOTS. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan guru yang sudah menyandang status profesional dalam menyusun soal berbasis HOTS yaitu: 1) pengetahuan guru; dan 2) kurangnya pelatihan penyusunan soal HOTS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan, soal HOTS, status profesional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Ayu Pramesti |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:48 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15334 |
Actions (login required)
View Item |