Putri, Komang Putri Cahyani (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS BUDAYA BALI TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031105-COVER.pdf Download (758kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031105-ABSTRAK.pdf Download (562kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031105-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (662kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031105-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1911031105-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031105-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031105-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031105-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (511kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031105-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, validitas, respons guru dan respons siswa terhadap media komik digital berbasis budaya Bali terhadap penguatan Profil Pelajar Pancasila siswa Sekolah Dasar kelas IV. Model pengembangan yang diterapkan adalah ADDIE. Subjek penelitian ini adalah media komik digital berbasis budaya Bali, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah rancang bangun, validitas media yang dikembangkan, respons guru, dan respons siswa terhadap media yang dikembangkan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada ahli isi materi, ahli media, ahli desain pembelajaran, guru kelas IV sebagai praktisi, dan 12 siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan untuk mengukur validitas komik digital adalah rating scale yaitu lembar penilaian dari ahli, praktisi dan siswa. Data hasil penelitian kemudian dianalisis. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) rancang bangun media pembelajaran komik digital adalah berbentuk file PDF yang terdiri dari cover komik, pembuka komik, isi komik, dan penutup komik, (2) Validitas media pembelajaran komik digital dinyatakan valid dan layak berdasarkan perolehan persentase ahli isi materi sebesar 98%, ahli media sebesar 95%, dan ahli desain sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik, (3) respons guru kelas IV SD berdasarkan uji praktisi diperoleh persentase sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas IV, (4) respons siswa berdasarkan uji coba perorangan diperoleh persentase sebesar 98,7% dan uji coba kelompok kecil sebesar 97,7% dengan kualifikasi sangat baik sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komik digital, budaya Bali, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Putri Cahyani Putri |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 02:37 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 02:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15360 |
Actions (login required)
View Item |