Listyani, Putu Cahya Ary (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP MISKONSEPSI IPA PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS II KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031068-COVER.pdf Download (788kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031068-ABSTRAK.pdf Download (569kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (572kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1911031068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031068-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031068-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (550kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031068-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan gaya kognitif siswa terhadap miskonsepsi IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2022/2023. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 221 siswa dari 8 sekolah dasar dan 8 kelas. Sampel penelitian siswa kelas V SD Negeri 1 Tukad Mungga sebanyak 18 siswa, siswa kelas V SD Negeri 2 Pemaron sebanyak 10 siswa, siswa kelas V SD Negeri 1 Pemaron sebanyak 13 siswa, dan siswa kelas V SD Negeri 1 Pemaron sebanyak 17 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data miskonsepsi IPA siswa diperoleh dengan penggunaan metode tes miskonsepsi dan dianalisis dengan uji anava 2 jalur dan uji tukey. Memperoleh rata-rata miskonsepsi IPA kelas eksperimen kelompok reflektif sebesar 3,73 yang termasuk kategori sangat rendah, rata-rata miskonsepsi IPA kelas eksperimen kelompok impulsif sebesar 12,92 yang termasuk kategori sedang, rata-rata miskonsepsi IPA kelas kontrol kelompok reflektif sebesar 6,94 yang termasuk kategori sangat rendah dan rata-rata miskonsepsi IPA kelas kontrol kelompok impulsif sebesar 14,5 yang termasuk kategori sedang. Pada analisis statistik inferensial (1) diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil daripada 0,05 (0,000<0,05). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan miskonsepsi IPA yang signifikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan gaya kognitif terhadap miskonsepsi IPA siswa kelas 5 SD Gugus II Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2022/2023. (2) diperoleh hasil harga signifikansi 0,042 yang artinya lebih kecil daripada 0,05 (0,042<0,05). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dengan gaya kognitif dalam pengaruhnya terhadap miskonsepsi IPA siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah, gaya kognitif, miskonsepsi IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Cahya Ary Listyani |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 02:31 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 02:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15378 |
Actions (login required)
View Item |