PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN IPAS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS VIII KECAMATAN ABIANSEMAL

Juniantari, Ni Luh Putu (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN IPAS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS VIII KECAMATAN ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031141-COVER.pdf

Download (904kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031141-ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031141-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031141-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031141-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031141-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031141-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031141-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031141-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media visual terhadap kemampuan berpikir kritis pada muatan IPAS siswa kelas IV di SD Gugus VIII Kecamatan Abiansemal. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus VIII Abiansemal sebanyak 215 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu SD No. 1 Sibangkaja sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan SD No. 4 Sibanggede sebagai kelompok kontrol sebanyak 29 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini digunakan metode tes kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan rubrik penilaian. Data post-test yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus separated varians. Dari hasil analisis data diperoleh yaitu thitung = 4.210, pada taraf signifikansi 5% dan dk = 57 diperoleh ttabel = 2.002, sehingga thitung = 4.210 > ttabel = 2.002. Maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Adapun nilai rata-rata pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu X ̅ = 78.75 >( X) ̅ = 68.28. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media visual (powerpoint) terhadap kemampuan berpikir kritis pada muatan IPAS siswa kelas IV SD di Gugus VIII Kecamatan Abiansemal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, problem based learning, media visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Juniantari
Date Deposited: 03 Jul 2023 00:55
Last Modified: 03 Jul 2023 00:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item View Item