Widiani, Ida Ayu Tri Puspa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN NASKAH DRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD GUGUS TUANKU IMAM BONJOL TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031292-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031292-ABSTRAK.pdf Download (429kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031292-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031292-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031292-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031292-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031292-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031292-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031292-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan naskah drama terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Gugus Tuanku Imam Bonjol tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitan ini meliputi seluruh kelas IV SD Gugus Tuanku Imam Bonjol sebanyak 286 siswa. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava, setelah populasi dinyatakan setara, untuk pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, lalu diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas IV A di SD Negeri 13 Pemecutan yang berjumlah 31 orang siswa, dan kelompok kontrol yaitu kelas IV A di SD Negeri 25 Pemecutan yang berjumlah 30 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode non tes berupa observasi berstruktur dengan instrumen rubrik penilaian keterampilan berbicara. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan Uji T. Hasil analisis hipotesis diperoleh thitung = 5,140 dan untuk taraf signifikansi 5% dengan dk = (31 + 30 – 2) = 59 diperoleh ttabel = 2,001, karena thitung = 5,140 > ttabel = 2,001, maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan naskah drama dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan naskah drama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan naskah drama terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Gugus Tuanku Imam Bonjol tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: role playing, keterampilan berbicara, naskah drama. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Tri Puspa Widiani |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 07:26 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 07:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15406 |
Actions (login required)
View Item |