Diputra, I Made Yogi (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERORIENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN PADA MUATAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 MELILING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031072-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031072-ABSTRAK.pdf Download (431kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (239kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031072-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031072-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031072-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berorientasi Profil Pelajar Pancasila materi interaksi manusia dengan lingkungan pada muatan IPS kelas V SD Negeri 1 Meliling, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan multimedia interaktif berorientasi Profil Pelajar Pancasila materi interaksi manusia dengan lingkungan pada muatan IPS kelas V SD Negeri 1 Meliling, dan (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan multimedia interaktif berorientasi Profil Pelajar Pancasila materi interaksi manusia dengan lingkungan pada muatan IPS kelas V SD Negeri 1 Meliling. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes berupa tes hasil belajar dan metode nontes berupa angket dan wawancara tak berstruktur. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) Rancang bangun multimedia interaktif meliputi beberapa tahap yaitu (a) analisis (analyze), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), dan (e) evaluasi (evaluation) dengan hasil penilaian rancang bangun sebesar 90,91% yang dikualifikasikan sangat baik. (2) Multimedia interaktif ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran sebesar 90,63%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 90%, uji ahli media pembelajaran sebesar 90,91%, uji coba perorangan sebesar 94,05%, uji coba kelompok kecil sebesar 93,06%, dan uji coba lapangan sebesar 92,58% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. (3) Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung = 8,487 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = n – 1 = 19 – 1 = 18 diperoleh ttabel = 2,100. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif. Hal ini berarti pengembangan multimedia interaktif berorientasi Profil Pelajar Pancasila materi interaksi manusia dengan lingkungan pada muatan IPS efektif diterapkan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Meliling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, Profil Pelajar Pancasila. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Yogi Diputra |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 01:12 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 01:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15409 |
Actions (login required)
View Item |