PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BAHASA SISWA KELAS IV SD GUGUS TUANKU IMAM BONJOL TAHUN AJARAN 2022/2023

Putri, Ni Nyoman Kurniyanti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BAHASA SISWA KELAS IV SD GUGUS TUANKU IMAM BONJOL TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031287-COVER.pdf

Download (677kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031287-ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031287-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031287-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031287-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031287-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031287-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031287-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031287-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi bahasa siswa disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan masih tergolong monoton, kurang bervariasi dan minat membaca siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media gambar terhadap kemampuan literasi bahasa siswa kelas IV SD Gugus Tuanku Imam Bonjol tahun ajaram 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 286 siswa dari 5 sekolah dasar yang berbeda. Seluruh populasi disetarakan dengan uji Anava, setelah populasi dinyatakan setara, selanjutnya untuk pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik cluster random sampling, kemudian diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas IV B di SD Negeri 7 Dauh Puri yang berjumlah 31 siswa dan kelompok kontrol yaitu kelas IVA di SD Negeri 2 Pemecutan yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil analisis hipotesis diperoleh bahwa thitung =5,2780 > ttabel = 2,0003 dengan dk penyebut 60 dan dk pembilang1 pada α 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi bahasa antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media gambar dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media gambar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media gambar berpengaruh terhadap kemampuan literasi bahasa siswa kelas IV di SD Gugus Tuanku Imam Bonjol Tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, Kemampuan Literasi Bahasa, Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Kurniyanti Putri
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:24
Last Modified: 03 Jul 2023 01:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15418

Actions (login required)

View Item View Item