Antara, I Made Gede (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 2 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1516011026 COVER.pdf Download (897kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1516011026 ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1516011026 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1516011026 BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1516011026 BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1516011026 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1516011026 BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1516011026 DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (125kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1516011026 LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together ( NHT ) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bawah bola voli. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan the posttest only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2019/2020, yang berjumlah 254 orang siswa, yang tebagi menjadi 8 kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan kelas. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan dan 1 kali posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 87.52 lebih besar dari rata-rata kelompok kontrol adalah 80.84. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.000 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bawah bola voli. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran NHT karena terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : NHT, passing bawah, Voli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | NHT, passing bawah, Voli. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Made Gede Antara |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 11:31 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 11:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1542 |
Actions (login required)
View Item |