Prasanti, Ni Putu Putri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP BERPIKIR KRITIS DALAM PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN TABANAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031258-COVER.pdf Download (966kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031258-ABSTRAK.pdf Download (445kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031258-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (354kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031258-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031258-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031258-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031258-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031258-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031258-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pelajaran IPA siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Tabanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eskperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus V Kecamatan Tabanan tahun ajaran 2022/2023 dengan banyak 160 siswa. Sampel untuk kelas eksperimen dengan banyak 34 siswa dan sampel untuk kelas kontrol dengan banyak 29 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode tes bentuk uraian yang terdiri dari 9 butir yang sudah divalidasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil analisis diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok ekperimen 79,88 dengan kategori sedang dan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok kontrol 71,13 dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung = 3,923, harga tersebut dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk (34 + 29 – 2 = 61) dan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) sehingga diperoleh 1,999, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap berpikir kritis dalam pelajaran IPA siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Inkuiri, berpikir kritis, pembelajaran IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Putri Prasanti |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 02:07 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 02:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15425 |
Actions (login required)
View Item |