Ayu Tri Pramana Putri, Ni Komang (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Setting Kooperatif (RESIK) Berbantuan Media Komik Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031253-COVER.pdf Download (659kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031253-ABSTRAK.pdf Download (421kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031253-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (507kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031253-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031253-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031253-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
191131253-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031253-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031253-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RESIK berbantuan media komik terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Srikandi sebanyak 376 siswa. Sampel penelitian ini diantaranya 30 siswa kelas V SD Negeri 8 Sumerta sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswa kelas V SD Negeri 1 Sumerta sebagai kelompok kontrol. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode tes serta instrument yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rerata gain skor ternomalisasi kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen 1 = 0,701 > 2 = 0,554 rerata gain skor ternomalisasi kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung = 4,595, harga tersebut dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk (30 + 31 – 2 = 59) dan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) sehingga diperoleh 2,000, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi pengetahuan matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan dengan model pembelajaran RESIK berbantuan media komik dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran RESIK media komik pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Tahun Ajaran 2022/2023. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran RESIK berbantuan media komik terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realistic Setting Kooperatif, Komik, Kompetensi Pengetahuan Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Tri Pramana Putri |
Date Deposited: | 09 Jul 2023 23:48 |
Last Modified: | 09 Jul 2023 23:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15483 |
Actions (login required)
View Item |