Cahyani, Ni Made Dwi (2023) PEMANFAATAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 2 MELAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912011043-COVER.pdf Download (707kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912011043-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (344kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912011043-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan media, hasil belajar siswa, dan hambatan pemanfaatan media video animasi dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Melaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran di SMP Negeri 2 Melaya dilakukan secara tatap muka dan telah menerapkan media video animasi sebagai media pembelajaran dalam tiga tahapan pembelajaran yaitu tahap pertama terdiri atas apersepsi dan motivasi. Tahap kedua terdiri atas orientasi, mengorganisasikan siswa, brainstorming, membimbing, mengembangkan dan menyajikan data, serta mengevaluasi proses pemecahan. Tahap ketiga, terdiri atas peninjauan kembali dan evaluasi. Pembelajaran teks eksplanasi yang dilakukan dengan pemanfaataan video animasi dikatakan berhasil dengan perolehan nilai di atas rata-rata yaitu 85. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran, yaitu kurangnya motivasi siswa saat pembelajaran, terbatasnya pemahaman materi oleh siswa, dan kemampuan siswa dalam memanajemen waktu kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Pembelajaran, Teks Eksplanasi, Video Animasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Made Dwi Cahyani |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 03:10 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 03:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15522 |
Actions (login required)
View Item |