Pradnyawati, Nyoman Cindy (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031145-COVER.pdf Download (306kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031145-ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031145-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031145-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031145-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031145-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031145-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031145-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031145-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan bangun media, menguji validitas, kepraktisan, serta efektivitas multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda kelas V sekolah dasar. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Objek pengembangan pada penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas dan subjeknya adalah multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda kelas V sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode penilaian skala, observasi, dan tes. Hasil penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan adalah valid, praktis dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan melalui uji validitas dari ahli materi 0,90, ahli desain pembelajaran 0,92, ahli media 0,92; uji kepraktisan dari uji coba perorangan 98,03%, uji coba kelompok kecil 97,5% dan observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran sebesar 96,67%; serta hasil uji efektivitas dengan uji-t memperoleh hasil thitung = 8,35 dan nilai ttabel= 1,69. Untuk dk = 34 dengan taraf signifikansi 5% yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Perolehan nilai N-gain score data pretest dan posttest memperoleh nilai N-gain Score yaitu 77% termasuk pada kategori efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual efektif diterapkan pada muatan IPA materi perubahan wujud benda untuk siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Kontekstual, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nyoman Cindy Pradnyawati |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 00:09 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 00:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15681 |
Actions (login required)
View Item |