Paramitha, Ida Ayu Putu Cintya (2023) DEVELOPING ENGLISH LEARNING MATERIALS FOR HOUSEKEEPING FOR ELEVENTH-GRADE STUDENTS IN FIRST SEMESTER AT SMK N 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021007-COVER.pdf Download (846kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021007-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN LITERATUR)
1912021007-BAB 2 KAJIAN LITERATUR.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1912021007-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021007-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk buku ajar Bahasa Inggris untuk Housekeeping bagi kelas XI semester 1, jurusan perhotelan di SMKN 1 Singaraja, Buleleng. Bahasa Inggris yang digunakan di sekolah masih bersifat general, belum spesifik berdasarkan masing-masing jurusan peserta didik, dan belum adanya modul ajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka, menjadi latar belakang dari pelaksanaan penelitian ini. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Design and Development (D&D) by Richey and Klein (2009), yang mana terdapat tiga tahap, yaitu Planning, Production, and Evaluation. Teknik data analisis pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terhadap guru, pemberian kuisioner kepada siswa, kuisioner expert judgement, dan analisis dokumen berupa Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan buku teks Housekeeping kelas XI Kurikulum 2013. Dari metode pengumpulan data yang telah dilakukan, ditemukan bahwa guru dan siswa memerlukan adanya Bahasa Inggris yang spesifik dengan jurusan perhotelan dan buku ajar Bahasa Inggris untuk Housekeeping yang menarik minat mereka untuk belajar. Terdapat tiga unit pembelajaran yang dikembangkan menggunakan teori pengembangan Hutchinson and Waters (1987), yaitu 1) Provision and Preparation for Housekeeping Services, 2) Public Area Section, dan 3) Handling Lost and Found for Guests. Hasil dari penelitian ini yaitu English textbook for Housekeeping yang telah dievaluasi oleh kedua expert sebelumnya menggunakan kuisioner checklist oleh Lizt (2005) berskala Lickert (1-4). Dari hasil evaluasi expert tersebut, dihitung menggunakan formula persentase dan Mean oleh Suharto (2006), diketahui bahwa kualitas dari buku ajar Bahasa Inggris untuk Housekeeping ini berada dalam kategori very good berdasarkan rentang penilaian oleh Suharto (2006). Oleh karena itu, buku ajar ini dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk mendalami materi Bahasa Inggris khususnya untuk mata pelajaran Housekeeping.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, English for Specific Purposes (ESP), Bahan Ajar Bahasa Inggris, Housekeeping |
Subjects: | L Education > LT Textbooks P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Putu Cintya Paramitha |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:18 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15713 |
Actions (login required)
View Item |