Siallagan, Roy Alprido (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS QUANTUM LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X DI SMAS LAB UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913021022-COVER.pdf Download (569kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913021022-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (38kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913021022-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kajian ini memiliki tujuan guna menghasilkan produk dalam bentuk multimedia interaktif berbasis Quantum Learning mempergunakan aplikasi Lectora Inspire untuk sebagai daya dukung pembelajaran peserta didik. Materi bahasan pada multimedia interaktif berbasis Quantum Learning yang dilakukan pengembangan ialah materi usaha serta energi yang selaras dengan kurikulum 2013. Kajian ini berjenis penelitian Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan model ADDIE. Uji lapangan tes kemampuan awal siswa di uji cobakan untuk siswa kelas X MIPA di SMAS Lab Undiksha dengan mempergunakan one grup pretest-postest design. Subjek kajian pengembangan multimedia interaktif berbasis Quantum Learning tersusun atas dua ahli materi, 2 ahli media, 1 Guru fisika selaku praktisi serta 35 siswa kelas X MIPA selaku sampel uji lapangan. Data yang dihimpun mempergunakan angket validasi ahli materi, ahli media, guru fisika dan siswa kelas X MIPA. Hasil kajian ini memperoleh temuan bahwasanya media pembelajaran interaktif berbasis Quantum Learning menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada materi Usaha dan Energi kelas X memperoleh respons secara positif. Hasil analisa data yang didapat dari responden menunjukkan bahwasanya media ini telah terbukti valid berdasarkan persentase rerata penilaian dari ahli media dan ahli materi senilai 77,93%, berkriteria valid (layak). Selain itu, dari tanggapan siswa, media ini juga dinilai sangat praktis dengan rerata persentase 89%. Selanjutnya, dari peningkatan hasil belajar peserta didik, media ini juga terbukti efektif dengan keefektifan sebesar 0,6%, yang berkriteria sedang. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, bisa ditarik simpulan jika media pembelajaran ini mencukupi ketiga kriteria, yakni valid menurut ahli, praktis menurut siswa, serta efektif selaku media pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Fisika, Quantum Learning, Lectora Inspire. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Roy Alprido Siallagan |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 01:49 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 01:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15727 |
Actions (login required)
View Item |