PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL KONSEP DASAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI BERBASIS CASE METHOD

Diantari, Ni Made Puspa (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL KONSEP DASAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI BERBASIS CASE METHOD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031266-COVER.pdf

Download (910kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031266-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031266-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031266-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031266-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031266-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031266-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031266-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031266-LAMPIRAN.pdf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital konsep dasar IPS materi kegiatan ekonomi berbasis case mathod. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan menggunakan model 4D dengan menggunakan tahapan define, design, develop dan dessiminate. Pada tahap dessiminate hanya menerapkan uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil tidak sampai pada uji coba kelompok besar/lapangan dikarenakan keterbatasan waktu. Subjek dalam penelitian ini berupa produk yang dikembangkan yaitu bahan ajar digital konsep dasar IPS . Sedangkan obyek dalam penelitian ini yaitu validitas, dan kepraktisan bahan ajar digital yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada para ahli dan praktisi, uji perorangan dan uji kelompok kecil yang sudah teruji validitasnya. Data yang diperoleh dilakukan uji validitas yang dihitung menggunakan rumus aiken’s yang dikonverensikan ke dalam kriteria indeks penilaian validitas, uji kepraktisan oleh praktisi dan mahasiswa menggunakan rumus deskriptif presentase. Hasil analisis yang diperoleh: (1) hasil uji ahli materi diperoleh 1,00 dengan kriteria sangat valid, (2) hasil uji ahli media diperoleh 0,921 dengan kriteria sangat valid (3) hasil uji ahli desain diperoleh 0,921 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan uji kepraktisan oleh (1) praktisi diperoleh persentase 100% dengan kualifikasi sangat baik, (2) uji perorangan diperoleh persentase 98% dengan kualifikasi sangat baik, dan (3) uji kelompok kecil diperoleh persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar digital konsep dasar IPS materi kegiatan ekonomi berbasis case mathod dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai pedoman belajar mengajar pada mata kuliah konsep dasar IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul ajar digital, konsep dasar IPS, kegiatan ekonomi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Puspa Diantari
Date Deposited: 11 Jul 2023 00:47
Last Modified: 11 Jul 2023 00:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15788

Actions (login required)

View Item View Item