Cahyani, I Dewa Ayu Inten Dwi (2023) THE EFFECT OF PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) ON STUDENTS' RECOUNT TEXT WRITING SKILL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021136-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021136-ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021136-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021136-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021136-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021136-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021136-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021136-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021136-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah Picture Word Inductive Model (PWIM) memiliki efek yang signifikan terhadap kemampuan menulis recount text siswa kelas delapan semester dua di SMPN 1 Tembuku pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi-experimental) dengan menggunakan desain posttest only. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan di semester dua di SMPN 1 Tembuku pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelompok control. Picture Word Inductive Model (PWIM) diajarkan di kelas eksperimen, sedangkan kelas control diajar seperti biasa menggunakan strategi konvensional (Expository Strategy). Tes menulis digunakan untuk mengambil data. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 76.09, sedangkan nilai rata-rata pada kelas control adalah 72.25. Hasil dari uji-t (independent sample t-test) adalah Sig. (2-tailed) = 0.011, p < 0.05. Selain itu, hasil perhitungan effek size menunjukkan hasil 0.651 yang masuk kedalam kategoi medium. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada efek signifikan Picture Word Inductive Model (PWIM) terhadap kemampuan menulis recount text siswa kelas delapan semester dua di SMPN 1 Tembuku pada tahun ajaran 2022/2023. Sehingga, Picture Word Inductive Model (PWIM) dapat digunakan sebagai strategi mengajar alternatif untuk mengajar menulis recount text.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis, Picture Word Inductive Model (PWIM), Teks Recount |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Dewa Ayu Inten Dwi Cahyani |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:13 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15822 |
Actions (login required)
View Item |