Suwandinata, I Gede Yuda (2023) PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI KOMIK DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MUATAN IPA PADA TOPIK SIKLUS AIR KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031275-COVER.pdf Download (302kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031275-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031275-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031275-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031275-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031275-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031275-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031275-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031275-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk Media Edukasi Komik Digital berbasis Pendekatan Kontekstual karena kurangnya media pembelajaran yang dimiliki oleh guru sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA. Penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang memiliki empat tahapan, yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini yaitu produk berupa Media Edukasi Komik Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual objek penelitian ini yaitu rancang bangun, validitas, dan kepraktisan, subjek uji coba kelompok kecil pada penelitian ini memerlukan 6 orang siswa kelas V. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan instrument rating scale berupa lembar penilaian yang melibatkan 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 1 orang ahli praktisi untuk mengetahui respon siswa terhadap media edukasi komik digital berbasis pendekatan kontekstual, dilaksanakan uji coba produk kecil dengn 6 orang siswa kelas V. Data yang dianalisis secara deskriptif, kuantitatif dengan menghitung menggunakan presentase skor. Berdasarkan hasil analisi data, presentase skor validitas media edukasi komik digital berbasis pendekatan Kontekstual dari ahli materi 95%, ahli media sebesar 93,5 %, respon guru/praktisi 94% validitas media edukasi komik digital berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan valid berada pada rentangan 90-100% memperoleh kualifikasi sangat baik, presentase skor dari respon siswa 96% berdasarkan hasil diatas media edukasi komik digital berbasis pendekatan muatan IPA pada topik siklus air kelas V SD dinyatakan valid dan bisa digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edukasi komik digital, pendekatan kontekstual, siklus air, media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Yuda Suwandinata |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:09 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15871 |
Actions (login required)
View Item |