Widyami, GA Putu Ayu Suci (2023) PEMANFAATAN POJOK BACA DALAM KEGIATAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 1 SANGKARAGUNG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041031-COVER.pdf Download (233kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041031-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041031-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan program pojok baca, kegiatan literasi, kemampuan membaca dan karakter gemar membaca siswa di SD Negeri 1 Sangkaragung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. SD Negeri 1 Sangkaragung yang beralamat di Lingkungan Pangkung Gondang, Sangkaragung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, dengan kode pos 82218. SD Negeri 1 Sangkaragung sudah terakreditasi A. Sekolah ini memiliki 8 orang guru, 77 siswa laki-laki dan 83 siswa perempuan dalam 6 rombongan belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4, Kepala sekolah dan Guru SD Negeri 1 Sangkaragung khususnya wali kelas 4, saat dilakukannya penelitian yang menjadi wali kelas 4 adalah Ida Ayu Putu Trisnawati. Peneliti memilih siswa kelas 4 sebagai subyek penelitian karena kelas 4 merupakan kelas peralihan dari kelas rendah menuju ke kelas tinggi sehingga siswa kelas 4 diharapkan sudah memiliki kemampuan membaca yang baik. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pojok baca merupakan bagian dari program sekolah yaitu Bali Danu (budaya literasi dan numerasi) sebagai bentuk pembaharuan dari program pojok baca yang telah ada sebelumnya, pendidik memanfaatkan pojok baca sebagai tempat diskusi, pengembangan diri bagi siswa terutama dalam kegiatan membaca dan bercerita. Dengan mengikuti kegiatan literasi membaca buku secara berkala di pojok baca maupun di perpustakaan siswa menjadi gemar membaca karena terbiasa dan sadar akan pentingnya membaca dalam mengolah informasi yang didapat. SD Negeri Sangkaragung menyediakan ragam fasilitas seperti perpustakaan dan pojok baca dengan buku - buku cerita yang menarik hal ini dilakukan guna membantu menumbuhkan minat membaca. Dengan pembiasaan dan pengulangan siswa jadi terbiasa dan menikmati kegiatan membaca buku dan pada akhirnya akan menumbuhkan karakter gemar membaca pada diri siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pojok baca, literasi, kemampuan membaca, karakter gemar membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | GA Putu Ayu suci widyami,S.Pd |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 13:26 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 13:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15873 |
Actions (login required)
View Item |