Antari, Putu Lusi (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041019-COVER.pdf Download (287kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041017 - ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041017 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (82kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041017 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041017 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041017 - BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041017 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041017 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
212904 1017 - LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Lusi Antari, Putu. (2023). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Wayan Widiana, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II: Dr. I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: e-modul, pjbl, pembelajaran ipas, hasil belajar, ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan E-modul Berbasis Project Based Learning pada pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD; (2) menganalisis validitas E-modul berbasis Project Based Learning pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD; (3) menganalisis tingkat kepraktisan -modul berbasis Project Based Learning pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD; dan (4) menganalisis efektivitas penggunaan E-modul berbasis Project Based Learning pada pembelajaran IPAS terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri atas 2 ahli materi, media, bahasa, siswa kelas IV sebanyak 32 orang, dan 6 orang guru. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner dan tes. Instrumen penelitian ini meliputi lembar kuesioner validitas dan kepraktisan, serta tes hasil belajar IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) E-modul berbasis Project Based Learning (PjBL) telah berbentuk PDF dengan 56 halaman; (2) Validitas E-modul berbasis PjBL ini terbukti valid dengan persentase ahli materi sebesar 97.00%, validitas ahli media yaitu 94,00%, serta validitas ahli bahasa sebesar 98,00% pada kategori Sangat Valid. (3) Kepraktisan E-Modul Berbasis berbasis PjBL pada pembelajaran IPAS ini memperoleh persentase oleh praktisi guru sebesar 94,76% serta kepraktisan oleh siswa sebesar 92,80% pada kategori Sangat Praktis dan Menarik. (4) E-modul berbasis Project Based Learning (PjBL) efektif meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD dengan rata-rata hasil belajar sebesar 81,94. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis Project Based Learning yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, pjbl, pembelajaran ipas, hasil belajar, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | PUTU LUSI ANTARI |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 08:23 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 08:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15889 |
Actions (login required)
View Item |