PENGEMBANGAN MEDIA LITERASI FONIK DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I DI SEKOLAH BILINGUAL MULTIKULTURAL

Adnyana, I Made (2023) PENGEMBANGAN MEDIA LITERASI FONIK DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I DI SEKOLAH BILINGUAL MULTIKULTURAL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129041036-COVER)
2129041036-Cover.pdf

Download (818kB)
[img] Text (2129041036-ABSTRAK)
2129041036-Abstrak.pdf

Download (329kB)
[img] Text (2129041036-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041036-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (676kB)
[img] Text (2129041036-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041036-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (2129041036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041036-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text (2129041036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041036-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2129041036-BAB 5 PENUTUP)
2129041036-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (2129041036-DAFTAR PUSTAKA)
2129041036-Daftar Pustaka.pdf

Download (470kB)
[img] Text (2129041036-LAMPIRAN)
2129041036-Lampiran.pdf

Download (973kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media literasi fonik digital bahasa Indonesia untuk menstimulasi kemampuan permulaan Bahasa Indonesia peserta didik kelas I di sekolah bilingual multikulutral. Penelitian dikembangkan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah para ahli, guru kelas I sekolah dasar, dan peserta didik bilingual di sekolah multikultural. Objek penelitian adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas dari media literasi fonik digital Bahasa Indonesia. Analisis data dilakukan dengan deskripsi kualitatif, kuantitatif dan teknik analisis statistik inferensial (t-test). Beradarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Media literasi fonik digital bahasa Indonesia terdiri dari buku cerita digital, poster dan lagu fonik dikemas dalam websites dengan aplikasi Google sites, 2) Validitas media, materi dan bahasa pada media literasi fonik digital Bahasa Indonesia menunjukkan kategori yang sangat tinggi, 3) Media literasi fonik digital menunjukkan kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 80%-100% dengan capaian nilai respon guru sebesar 89,38% dan respon hasil kolaborasi orang tua dan peserta didik sebesar 88,75%, 4) Efektivitas media menunjukkan kategori besar dengan kontribusi yang signifikan bagi kemampuan membaca permulaan peserta didik. Koefisien effect size tes yang dinjukkan adalah 1,53 dan 1,86 pada hasil analisis observasi kemampuan membaca permulaan peserta didik bilingual di sekolah multikultural Sekolah Dyatmika Denpasar Timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Fonik Bahasa Indonesia, Media Literasi Digital, Dwibahasa, Sekolah Multikultural.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I MADE ADNYANA
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:48
Last Modified: 12 Jul 2023 07:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15948

Actions (login required)

View Item View Item