Widiartha, Kadek Dwi Rahayu (2023) KONTRIBUSI KECERDASAN INTERPERSONAL, PEMENUHAN FASILITAS BELAJAR DALAM KELUARGA, DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041024-COVER.pdf Download (753kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041024-ABSTRAK.pdf Download (479kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (579kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (875kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (513kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041024-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kontribusi kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa; (2) pemenuhan fasilitas belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS; (3) keterampilan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS; (4) kecerdasan interpersonal dan pemenuhan fasilitas belajar dalam keluarga terhadap kompetensi pengetahuan IPS; (5) kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS; (6) pemenuhan fasilitas belajar dalam keluarga dan keterampilan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS; dan (7) kecerdasan interpersonal, pemenuhan fasilitas belajar, dan keterampilan sosial terhadap kompetensi pengetahuan ips siswa. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto. Sampel penelitian ini yaitu 100 siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan yang dipilih melalui teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian ini yaitu lembar kuesioner dengan analisis kuantitatif melalui uji regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan interpersonal siswa terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan besarnya kontribusi 17,1%; (2) terdapat kontribusi yang signifikan pemenuhan fasilitas belajar dalam keluarga terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan besar kontribusi yaitu 20%; (3) terdapat kontribusi yang signifikan keterampilan sosial siswa terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan besaran kontribusi sebanyak 10,1%; (4) terdapat kontribusi signifikan kecerdasan interpersonal dan pemenuhan fasilitas belajar dalam keluarga terhadap kompetensi pengetahuan IPS (49,9%); (5) terdapat kontribusi signifikan kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS (26,6%); (6) terdapat kontribusi signifikan pemenuhan fasilitas belajar dalam keluarga dan keterampilan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS (48,5%), dan; (7) terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan interpersonal, pemenuhan fasilitas belajar dalam keluarga, dan keterampilan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan nilai F hitung = 39.413 lebih besar dari F tabel = 2,69 dan kontribusi sebesar 52,7%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi signifikan kecerdasan interpersonal, pemenuhan fasilitas belajar dalam keluarga, dan keterampilan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Interpersonal, Pemenuhan Fasilitas Belajar, Keterampilan Sosial, Pengetahuan IPS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Kadek Dwi Rahayu Widiartha |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 00:44 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 00:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15981 |
Actions (login required)
View Item |