PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL NGAYAH UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER GOTONG ROYONG PADA DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mantra, Gusti Kadek (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL NGAYAH UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER GOTONG ROYONG PADA DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041058-COVER.pdf

Download (986kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041058-ABSTRAK.pdf

Download (432kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (696kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041058-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041058-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041058-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Mantra, Gusti Kadek (2023), Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Ngayah untuk Mengembangkan Karakter Gotong-royong pada Dimensi Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S. Kons. Kata kunci: Buku cerita bergambar, Kearifal lokal, Karakter gotong-royong, Profil pelajar Pancasila Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar berkearifan lokal Ngayah dengan karakteristik tertentu yang valid, praktis, dan efektif mengembangkan karakter gotong-royong siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan, dengan rancangan model ADDIE. Instrumen yang dikembangkan dianalisis menggunakan rumus Gregory dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Produk yang berhasil dikembangkan adalah buku cerita bergambar berkearifan lokal Ngayah. Buku ini telah melalui beberapa tahap pengujian yang meliputi uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektivitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara dan dengan lembar koesioner. Subjek penelitian ini terdiri atas ahli, guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah karakteristik, validitas, kepraktisan, dan efektivitas buku cerita bergambar berkearifan lokal Ngayah. Karakteristik buku cerita bergambar berkearifan lokal Ngayah menceritakan elemen gotong-royong pada dimensi profil pelajar Pancasila berdasarkan kearifan lokal ngayah yang ada di Desa Sanur Kaja. Elemen kerja sama direpresentasikan dengan kegiatan briak-briuk warga dalam menyiapkan sarana dan prasarana upacara. Elemen kepedulian direpresentasikan dengan kegiatan tedun banjar. Elemen berbagi direpresentasikan dengan kegiatan majenukan. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata- rata keseluruhan hasil uji validasi yang dilakukan oleh 6 orang ahli mencapai 4,67 berada pada interval 4,21≤Rv≤5,00 termasuk dalam kriteria sangat valid; 2) rata-rata keseluruhan uji kepraktisan yang dilakukan oleh 4 orang guru dan 10 orang siswa kelas IV SD mencapai 4,78 berada pada interval 4,21≤Rk≤5,00 termasuk kriteria sangat praktis; 3) uji keefektifan menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 ini berarti nilai Sig.(2-tailed) <0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor siswa sebelum menggunakan buku cerita bergambar berkearifan lokal Ngayah dengan rata-rata skor siswa setelah menggunakan buku cerita bergambar berkearifan lokal Ngayah. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka hipotesis yang diajukan dapat diterima, sehingga buku cerita bergambar berkearifan lokal Ngayah dinyatakan efektif untuk mengembangkan karakter gotong-royong pada dimensi profil pelajar Pancasila siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Buku cerita bergambar, Kearifal lokal, Karakter gotong-royong, Profil pelajar Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Gusti Kadek Mantra
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:06
Last Modified: 17 Jul 2023 01:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16004

Actions (login required)

View Item View Item