Dewi, Ketut Mirah Widiastuti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SD NEGERI GUGUS SRIKANDI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031285-COVER.pdf Download (629kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031285-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031285-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (367kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031285-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031285-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031285-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031285-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031285-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (487kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031285-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy berbantuan media Mind Mapping terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequvalent control group design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Srikandi sebanyak 376 siswa. Sampel penelitian ini adalah 26 siswa kelas V A SD Negeri 5 Sumerta sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa kelas V SD Negeri 8 Sumerta sebagai kelompok kontrol. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Data penguasaan kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan metode tes dalam bentuk pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Anakova (Analisis Kovarian). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Fhitung = 9,242 dan Ftabel = pada taraf signifikasi 5% dengan dk = 53 adalah 4,023. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung = 9,242 > Ftabel = 4,023 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen adalah 87,69 lebih dari nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 69,23. Jadi, dapat disimpulkan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berbantuan media Mind Mapping berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Somatic Auditory Visualization Intellectualy, Mind Mapping, Kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ketut Mirah Widiastuti Dewi |
Date Deposited: | 16 Jul 2023 23:39 |
Last Modified: | 16 Jul 2023 23:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16049 |
Actions (login required)
View Item |