Lianasari, Ni Putu Eka (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA PADA MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031162-COVER.pdf Download (368kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031162-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031162-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031162-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031162-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031162-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031162-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031162-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031162-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun media komik digital berbasis keaifan lokal Tri Hita Karana pada materi ekosistem kelas V sekolah dasar, (2) mengetahui validitas media komik digital berbasis keaifan lokal Tri Hita Karana, (3) mengetahui kepraktisan media komik digital berbasis keaifan lokal Tri Hita Karana, (4) mengetahui efektivitas media komik digital berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana pada materi ekosistem kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang tersusun atas lima tahapan yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pegembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek uji coba pada penelitian ini ialah ahli materi, ahli media, guru, dan siswa, sedangkan objek penelitian adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas media komik digital berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana pada materi ekosistem. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kuesioner, tes dan rating scale. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu: (1) rata-rata hasil validitas menurut ahli materi pembelajaran sebesar 4,71 dengan kategori sangat baik, (2) rata-rata hasil validitas menurut ahli media pembelajaran sebesar 4,67 dengan kategori sangat baik. (3) rata-rata kepraktisan oleh guru sebesar 4,86 dengan kategori sangat baik, rata-rata kepraktisan oleh siswa sebesar 4,82 dengan kategori sangat baik. (4) hasil uji-t berpasangan menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media komik digital berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komik digital, kearifan lokal, Tri Hita Karana, ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Eka Lianasari |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 00:40 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 00:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16123 |
Actions (login required)
View Item |