Wangi, Ketut Ayu Nila (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031036-COVER.pdf Download (486kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031036-ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (190kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031036-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Role Playing berbasis Tri Hita Karana terhadap keterampilan komunikasi siswa. 2) Pengaruh model pembelajaran Role Playing berbasis Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPS siswa. 3) Pengaruh model pembelajaran Role Playing berbasis Tri Hita Karana terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Buleleng. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Penarukan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 1 Penarukan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes berupa unjuk kerja dalam mengukur keterampilan komuniksi dan teknik tes berupa esai untuk mengukur hasil belajar IPS. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil analisis pada taraf signifikansi α=0,05 sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playig berbasis Tri Hita Karana terhadap keterampilan komunikasi IPS siwa. (F= 83,11 sig, <0,05). 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playig berbasis Tri Hita Karana terhadap hasil belajara IPS siswa (F= 85,48 sig < 0,05). 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playig berbasis Tri Hita Karana terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar IPS siswa (F=70,292 sig. <0,05). Dengan demikian adanya model pembelajaran Role Playing berbasis Tri Hita Karana mempengaruhi keterampilan komunikasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Penggunaan model pembelajaran Role Playing berbasis Tri Hita Karana dapat mempermudah guru dalam pembelajaran dikarenakan berpusat pada siswa serta sebagai bahan untuk memilih model pembeljaran yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran Role Playing, keterampilan komunikasi, hasil belajar IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ketut Ayu Nila Wangi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 00:44 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 00:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16128 |
Actions (login required)
View Item |