Miasari, Ni Made (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING BERMUATAN IPS PADA MATERI JENIS – JENIS USAHA EKONOMI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129041041-Cover)
2129041041-Cover.pdf Download (650kB) |
|
Text (2129041041-Abstrak)
2129041041-Abstrak.pdf Download (223kB) |
|
Text (2129041041-Bab 1 Pendahuluan)
2129041041-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (354kB) |
|
Text (2129041041-Bab 2 Kajian Teori)
2129041041-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
|
Text (2129041041-Bab 3 Metodelogi Penelitian)
2129041041-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) | Request a copy |
|
Text (2129041041-Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
2129041041-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2129041041-Bab 5 Penutup)
2129041041-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (2129041041-Daftar Pustaka)
2129041041-Daftar Pustaka.pdf Download (225kB) |
|
Text (2129041041-Lampiran)
2129041041-Lampiran.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis model discovery learning bermuatan IPS pada materi jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 22 Dangin Puri sebanyak 26 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dan metode analisis deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kuantitatif di peroleh melalui instrument dalam bentuk skor. Analisis deskriptif kualitatif berupa hasil wawancara, komentar, tanggapan, kritik dan saran perbaikan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data tentang : kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang masing-masing dikumpulkan dengan instrumen validasi, kuesioner dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah tentang kevalidan kepraktisan dan keefektifan yang masing-masing dikumpulkan dengan instrumen valiadasi, kuesioner dan tes hasil belajar. Kevalidan diperoleh melalui hasil valiadasi dari 2 orang validator denga rata-rat skor 4,59 dari skor maksimum 5,0 sehingga layak digunakan. Kepraktisan diperoleh melalui hasil kuesioner dari 2 orang guru ahli dengan rata-rata skor 4,9 dari skor maksimum 5,0 dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan diperoleh memalui tes hasil belajar IPS dengan nilai rata-rata 72,0 dari skor maksimum 100 yang tergolong kategori tuntas. Pengembangan penelitian ini melalui lima tahapan yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Karakteristik dari video pembelajaran ini adalah spesial mengenai video pembelajaran berbasis model discovery learning bermuatan IPS pada materi jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar, ditayangkan dengan durasi waktu 20 menit, bisa berinteraksi dengan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran Model Discovery Learning, Jenis-Jenis Usaha Ekonomi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Made Miasari |
Date Deposited: | 16 Jul 2023 01:28 |
Last Modified: | 16 Jul 2023 01:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16154 |
Actions (login required)
View Item |