Cahyani, Ni Nengah Pratiwi (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis garam. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613031015-COVER.pdf Download (312kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613031015-ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613031015-LAMPIRAN.pdf Download (23MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan guna menjelaskan dan mendeskripsikan keterbacaan, kepraktisan, kevalidan, dan karakteristik LKPD praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam. Peneliti menggunakan model Borg dan Gall sebagai acuan dalam mengembangkan penelitian ini. Terdapat empat tahapan yang dilalui peneliti, yakni (1) Pengumpulan informasi penelitian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan rancangan produk, dan (4) Pelaksanaan uji coba lapangan awal. Serta terdapat angket keterbacaan, angket kepraktisan, lembar validasi, dan catatan dokumen sebagai empat instrumen penelitian yang digunakan peneliti. Lembar kerja peserta didik praktikum yang dikembangkan memiliki karakteristik seperti penemuan konsep melalui pertanyaan, pembuktian konsep melalui kegiatan percobaan, dan aplikasi konsep melalui soal-soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam yang telah disusun memiliki validasi yang sangat valid karena memperoleh skor rerata 1,00 dari skor maksimal 1,00 berdasarkan kriteria kevalidan konstruksi dan isi. Berdasarkan uji validasi bahasa menampilkan bahwa LKPD ini memenuhi kaidah kebahasaan. Di lain pihak, LKPD ini memiliki kategori sangat praktis berdasarkan skor rerata 3,58 dari skor maksimal 4,00 berdasarkan uji kepraktisan yang dilakukan oleh 10 orang praktisi dan memiliki kategori sangat terbaca berdasarkan skor rerata 3,81 dari skor maksimal 4,00 berdasarkan uji keterbacaan yang dilakukan oleh 10 orang peserta didik. Dengan demikian, LKPD ini telah lulus uji validitas yang memadai sehingga dapat dilanjutkan untuk diuji coba pada tahapan berikutanya guna mengetahui efektivitas LKPD ini sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: LKPD praktikum, hidrolisis garam, inkuiri terbimbing, praktikum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ni Nengah Pratiwi Cahyani |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 16:31 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 16:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16335 |
Actions (login required)
View Item |