PENGARUH E-MODUL BERBASIS CANVA DAN BENTUK TES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 MENGWI

Purnamawati, Ni Putu Widya (2023) PENGARUH E-MODUL BERBASIS CANVA DAN BENTUK TES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 MENGWI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129021002-COVER.pdf

Download (348kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129021002-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129021002-BAB 5 PENUTUP .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129021002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129021002-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-modul berbasis canva dan bentuk tes terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP negeri 3 mengwi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 11 kelas. Sampel penelitian diambil secara random sampling, sehingga diperoleh 4 kelas sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, Hasil perhitungan Anava dua jalur menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang menggunakan E-modul berbasis canva dengan peserta didik yang menggunakan buku teks. Kedua, hasil perhitungan Anava dua jalur menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,009 pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang diberikan bentuk tes kinerja dengan peserta didik yang diberikan bentuk tes essay. Ketiga, terdapat pengaruh interaksi antara bahan ajar dan bentuk tes terhadap kemampuan berpikir kritis. Keempat, pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan bentuk tes kinerja, kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan e-modul berbasis canva lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan buku teks. Kelima, pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan bentuk tes essay, kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan e-modul berbasis canva lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan buku teks. Keenam, pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan e-modul berbasis canva, kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diberikan bentuk tes kinerja tidak lebih baik daripada peserta didik yang diberikan bentuk tes essay. Ketujuh, Pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan buku teks, kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diberikan bentuk tes essay lebih baik daripada peserta didik yang diberikan bentuk tes kinerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bentuk tes, e-modul berbasis canva, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Ni Putu Widya Purnamawati
Date Deposited: 19 Jul 2023 07:52
Last Modified: 19 Jul 2023 07:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16350

Actions (login required)

View Item View Item