Resmianti, Nyoman Mei (2023) NINCAPANG KAWAGEDAN NYURAT AKSARA BALI NGANGGEN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) RNG SISIA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912051020-COVER.pdf Download (502kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912051020-ABSTRAK.pdf Download (39kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912051020-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912051020-BAB II KAJIAN TEORI .pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912051020-BAB III METODELOGI PENELITIAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912051020-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912051020-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912051020- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912051020-LAMPIRAN .pdf Download (928kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang: (1) Tata cara menerapkan model Kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan kemampuan nyurat aksara Bali siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan, (2) Model Kooperatif tipe NHT dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan, (3) Pendapat siswa mengenai penerapan model Kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan. Penelitian ini menggunakan beberapa kajian teori, yaitu: model Kooperatif tipe NHT, keterampilan menulis, dan aksara Bali. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling dan subjek penelitian ini adalah pembelajaran menulis aksara Bali serta kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali. Selain itu, penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini, yaitu (1) Hasil tes kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali meningkat dari data awal dengan rata-rata 67,5 meningkat pada siklus I dengan rata-rata 73,94 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 81,47. (2) Hasil pendapat siswa pada pembelajaran menulis aksara Bali dengan model Kooperatif tipe NHT meningkat dengan rata-rata 19,34 kategori baik pada siklus I meningkat pada siklus II dengan rata-rata 23,40. Dengan diterapkannya model Kooperatif tipe NHT sebagai salah satu model inovatif mampu meningkatkan semangat kerjasama siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif tipe NHT, Kemampuan Menulis, Aksara Bali |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1) |
Depositing User: | Nyoman Mei Resmianti |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 03:21 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16416 |
Actions (login required)
View Item |