DEVELOPING ENGLISH SUPPLEMENTARY MATERIALS INTEGRATED 4C SKILLS FOR 10TH GRADE STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL

Ningsih, Ni Luh Ayu Budi Hari (2023) DEVELOPING ENGLISH SUPPLEMENTARY MATERIALS INTEGRATED 4C SKILLS FOR 10TH GRADE STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021118-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021118-ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021118-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021118-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021118-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021118-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021118-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021118-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021118-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum sebagai salah satu komponen penting dalam pendidikan memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Kurikulum merdeka, khususnya, memiliki beberapa keunggulan untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan abad 21. Berdasarkan observasi awal di SMA N 3 Singaraja ditemukan bahwa buku ajar yang disediakan oleh pemerintah tidak dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengambil penelitian dan pengembangan menggunakan ADDE untuk mengembangkan materi pelengkap berdasarkan keterampilan 4C. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan penilaian isi. Hasil penelitian adalah expert judgment cenderung menunjukkan kriteria “Sangat Baik”, siswa menunjukkan respon sangat baik dan penilaian pengguna cenderung menunjukkan kriteria “Sangat Baik”. Peneliti hanya mengembangkan dua topik, yaitu prosedur dan report text karena tujuan pembelajaran dari silabus. Dengan demikian, untuk mengatasi keterbatasan tersebut peneliti lain dapat mengembangkan topik lain untuk mengembangkan materi pelengkap yang terintegrasi dengan keterampilan 4C

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, keterampilan 4C, materi pelengkap
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Luh Ayu Budi Hari Ningsih
Date Deposited: 24 Jul 2023 12:43
Last Modified: 24 Jul 2023 12:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16564

Actions (login required)

View Item View Item