Juniawati, Ni Kadek (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913071003-COVER.pdf Download (409kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913071003-ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913071003-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan serta menganalisis karakteristik, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan modul IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing pada tema udara bersih bagi kesehatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) namun, penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Subjek uji coba adalah 2 orang ahli Pendidikan IPA, 5 orang guru IPA kelas VIII yang terdiri dari 3 orang guru di SMP Negeri 3 Sawan dan 2 orang guru IPA di SMP Negeri 4 Singaraja, dan 10 orang siswa kelas VIII B di SMP Negeri 2 Sawan. Objek uji coba adalah penilaian uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keterbacaan. Hasil data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik modul IPA terpadu yang dikembangkan, yaitu (1) menggunakan tema udara bersih bagi kesehatan, (2) menggunakan langkah�langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing, (3) setiap sub materi berisikan fitur apersepsi, ayo membaca, sekilas info, ayo kerjakan, ayo simak, dan ayo mencoba. Tingkat kevalidan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian sebesar 0,94. Tingkat kepraktisan termasuk dalam kategori sangat praktis dilihat dari skor rata�rata sebesar 4,35. Tingkat keterbacaan termasuk dalam kategori sangat terbaca dilihat dari skor rata-rata sebesar 4,52. Berdasarkan hasil tersebut modul ini layak diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan. Kata kunci: Modul, Inkuiri Terbimbing, Udara Bersih bagi Kesehatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Modul, Inkuiri Terbimbing, Udara Bersih bagi Kesehatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Juniawati |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 03:10 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 03:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16570 |
Actions (login required)
View Item |