Rahmi, Fildza (2023) PENGARUH STATUS PROFESIONAL GURU DAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN TERHADAP KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU MATEMATIKA SMA NEGERI DI KOTA DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2123011001-COVER.pdf Download (431kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2123011001-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1 PEBDAHULUAN)
2123011001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123011001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123011001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123011001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123011001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123011001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2123011001-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Rahmi, Fildza (2023), Pengaruh Status Profesional Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Matematika SMA Negeri Di Kota Denpasar Tesis, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si dan Pembimbing II: Prof. Dr. Phill. I Gusti Putu Sudiarta, M.Si. Kata-kata kunci: kemampuan TPACK, status professional guru, pengembangan profesi berkelanjutan Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru matematika SMA Negeri di Kota Denpasar, 2) mengetahui perbedaan tingkat kemampuan TPACK guru matematika berdasarkan status professional guru, 3) mengetahui perbedaan tingkat kemampuan TPACK guru matematika berdasarkan pengembangan profesi berkelanjutan, dan 4) mengetahui perbedaan tingkat kemampuan TPACK guru matematika berdasarkan status professional guru dan pengembangan profesi berkelanjutan. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pengambilan data secara survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru matematika SMA Negeri di Kota Denpasar yaitu berjumlah 70 orang. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 62 orang dengan teknik area cluster proporsional sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket status professional guru dan pengembangan profesi berkelanjutan dan kuesioner TPACK. Data yang diperoleh dianalisis secara deksriptif dan inferensial. Analisis secara inferensial dengan menggunakan analisis varians dua jalur digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat kemampuan TPACK berdasarkan status professional guru dan pengembangan profesi berkalanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru matematika SMA Negeri di Kota Denpasar memiliki tingkat kemampuan TPACK secara keseluruhan termasuk dalam kriteria cukup baik, 2) terdapat perbedaan kemampuan TPACK berdasarkan status professional guru yaitu pada komponen PK, CK, PCK, dan TCK. Sedangkan tidak terdapat perbedaan komponen TK, TPK, dan TPACK pada guru yang memiliki sertifikat pendidik dengan guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, 3) terdapat perbedaan kemampuan TPACK berdasarkan pengembangan profesi berkelanjutan (PKB) yaitu pada komponen PK, CK, PCK, dan TCK, sedangkan tidak terdapat perbedaan komponen TK, TPK, dan TPACK dan 4) tidak terdapat perbedaan kemampuan TPACK secara keseluruhan antara status professional guru dan pengembangan profesi berkelanjutan. Terdapat pengaruh interaksi pada komponen TPK dan TPACK guru matematika, sedangkan komponen PK, CK, TK, PCK, dan TCK tidak terdapat pengaruh interaksi antara status professional guru dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan TPACK, status professional guru, pengembangan profesi berkelanjutan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Fildza Rahmi |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 17:16 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 17:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16572 |
Actions (login required)
View Item |