QUROTA 'AYUNI, ADIVA (2023) Representasi Nilai-Nilai Kesetaraan Gender dalam Film Cinderella 2021 dan Potensinya sebagai Sumber Belajar Sosiologi Kelas XI SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1914091018-COVER.pdf Download (286kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914091018-ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914091018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (179kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914091018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914091018-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914091018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914091018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914091018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914091018-LAMPIRAN.pdf Download (127kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk 1) mengetahui penokohan tokoh utama, 2) mengetahui nilai-nilai kesetaraan gender dalam film Cinderella 2021 dengan menggunakan teori equilibrium, dan 3) mengetahui aspek kesetaraan gender dalam film Cinderella 2021 yang dapat digunakan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA. Penelitian ini dianalisis dengan metode kualitatif dan analisis wacana dari Sara Mills yang memiliki karakteristik fokus perhatian pada wacana mengenai feminisme dan kesetaraan gender dengan analisis dua aspek penting yakni posisi subjek-objek dan posisi peulis pembaca. Adapun jenis data yang digunakan berupa data primer dan sekunder, pengumpulan data dilakukan melalui teknik menonton film, wawancara, dan studi dokumen. Hasil temuan dari penelitian ini adalah 1) Penokohan tokoh Cinderella dalam film Cinderella 2021 tersebut menunjukkan gambaran berupa karakteristik penokohan Cinderella yang memiliki perbedaan ciri fisik dengan Cinderella versi klasik yakni berkulit coklat, bertubuh pendek, dan berambut gelap sedangkan tokoh putri identik dengan kulit putih, tinggi, dan berwajah eropa 2) nilai-nilai ketidaksetaraan gender dalam film Cinderella 2021 berupa nilai kesetaraan, marginalisasi, subordinasi, stereotip, violence, dan beban kerja berlebih. Sedangkan bentuk kesetaraan gender adalah akses, partisipasi, dan kontrol yang diidentifikasi dengan teori equilibrium gender, 3) terdapat aspek kesetaraan gender film Cinderella 2021 yang berpotensi sebagai sumber belajar sosiologi SMA berbentuk bahan ajar yang mengacu pada KI dan KD 3.3 materi perbedaan, kesetaraan, dan harmoni sosial kelas XI semester ganjil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cinderella, Kesetaraan, Equilibrium, Analisis Wacana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Adiva Qurota 'ayuni |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 09:00 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 09:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16602 |
Actions (login required)
View Item |