Pengembangan Buku Panduan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa SMA

Vat, Alfia Putri Ligeana (2023) Pengembangan Buku Panduan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911011048-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911011048-ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011048-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011048-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911011048-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan konseling kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa SMA, serta melakukan uji validitas isi dan menguji efektivitas pada buku panduan yang dikembangkan. Prosedur pengembangan yang digunakan ialah prosedur pengembangan 4D yang memiliki tahapan di antaranya define, design, develop, disseminate. Ahli praktisi bimbingan konseling yang dilibatkan dalam uji validitas isi buku panduan berjumlah lima orang. Hasil analisis penilaian uji validitas buku panduan oleh ahli dan praktisi diperoleh nilai CVI (Content Validity Index) sebesar 0.77, maka dinyatakan indeks validitas isi buku panduan terkategori sangat valid bahwa buku panduan yang dikembangkan memiliki indeks validitas isi terkategori sangat valid atau sangat sesuai. Hasil uji coba efektivitas buku panduan yang telah dilaksanakan bersama sembilan orang siswa SMA melalui prosedur eksperimental one group pretest-posttest di analisis dengan bantuan SPSS 26 for Windows dan menerapkan rumus t-test (paired sample test). Dari analisis tersebut didapatkan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 yang berarti lebih rendah dari nilai signifikasi α yaitu 0.05, hal ini menyatakan bahwa penerapan buku panduan konseling kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa SMA. Adapun tingkat efektivitas buku panduan ini di analisis dengan perhitungan effect size cohen’s d didapatkan hasil sebesar 1,762. Maka pengembangan buku panduan konseling kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa SMA memiliki tingkat efektivitas tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersonal, Konseling Kelompok, Role Playing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Alfia Putri Ligeana Vat
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:25
Last Modified: 24 Jul 2023 00:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16641

Actions (login required)

View Item View Item