Wiryani, Ni Luh Putu Febriyanti (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913071040-COVER.pdf Download (329kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913071040-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913071040-LAMPIRAN.pdf Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) karakteristik, (2) validitas, (3) kepraktisan, (4) dan keterbacaan lembar kerja peserta didik berbasis Project Based Learning berorientasi karakter profil pelajar Pancasila pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE dan dibatasi pada tahap pengembangan. Subjek penelitian meliputi subjek uji validitas terdiri atas 2 dosen ahli Pendidikan IPA, subjek uji kepraktisan terdiri atas 5 orang guru IPA, dan subjek uji keterbacaan terdiri atas 10 orang siswa. Data yang diperoleh berupa data hasil uji validitas, uji kepraktisan, uji keterbacaan, dan karakteristik produk. Karakteristik LKPD sesuai sintaks model Project Based Learning, materi klasifikasi makhluk hidup, dan memuat aktivitas belajar yang dapat menanamkan nilai karakter profil pelajar Pancasila. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, studi dokumentasi, dan angket. Hasil uji validasi mendapatkan mendapat skor rata-rata 1,00 dengan kualifikasi sangat valid. Hasil uji kepraktisan mendapat skor rata-rata 3,5 dengan kualifikasi sangat praktis. Hasil uji keterbacaan mendapat skor rata-rata 3,65 dengan kualifikasi sangat terbaca. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan keterbacaan lembar kerja peserta didik berbasis Project Based Learning berorientasi karakter profil pelajar Pancasila pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP dinyatakan valid, praktis, dan terbaca sehingga dapat dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu uji keefektifan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Project Based Learning, Nilai Karakter Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Febriyanti Wiryani |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 04:32 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 04:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16646 |
Actions (login required)
View Item |